Hot cookies are waiting for you !!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Mikroskop dan Bagian-Bagiannya

Bagian-Bagian Mikroskop



Mikroskop terdiri atas:

A.Lensa Okuler
Lensa Okuler adalah lensa yang berfungsi untuk melihat benda sehingga benda tampak lebih besar.

B.Tabung Mikroskop
Tabung mikroskop berfungsi untuk mengatur fokus.tabung ini dapat di turunkan dan dapat di naikkan.
C.Revolver
Revolver letaknya menempel di tabung mikroskop.revolver dapat di putar untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan.
D.Tombol pengatur kasar(Makrometer)
Tombol pengatur kasar berfungsi untuk memfokuskan bayangan benda,dapat diputar untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop,

E.Tombol pengatur halus(Mikrometer)
Tombol pengatur halus merupakan tombol yang berfungsi untuk memfokuskan bayangan benda,sehingga bayangan benda lebih jelas terlihat.

F.Lensa Objektif
Lensa Objektif berfungsi untuk membentuk bayangan benda dan memperbesar benda yang akan diamati.pada umumnya,mikroskop mempunyai 3 jenis lensa objektif dengan perbesaran yang berbeda,yaitu 4x,10x,dan 40x.

G.Lensa Mikroskop
Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan pada saat mikroskop akan dipindahkan atau diangkat.

H.Meja mikroskop atau meja sediaan
Meja mikroskop berfungsi untuk menyimpan objek yang akan diamati.

I.Penjepit Objek
Agar sediaan tidak bergerak dan kedudukannya stabil pada saat pengamatan,objek di jepit menggunakan penjepit objek.

J.Kondensator
Kondensator ialah alat yang berfungsi unutuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam mikroskop.tidak semua mikroskop mempunyai kondensor.

K.Diafragma
Diafragma adalah bagian berupa lubang yang dapat diatur besar kecilnya.fungsi dari diafragma adalah mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk mkedalam mikroskop,.

L.Cermin
Cermin berfungsi untuk mengarahkan cahaya agar dapat masuk kedalam mikroskop.cermin ini dapat diputar kesegala arah dan mempunyai dua permukaan ,yaitu datar dan cekung yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda.

M.Kaki Mikroskop
Kaki mikroskop merupakan bagian paling bawah dari mikroskop.bagian ini berfungsi untuk menjaga agar mikroskop tetap berdiri diatas meja.
Bagaimanakah cara menggunakan mikroskop dengan benar? Untuk dapat menggunakan mikroskop dengan benar perhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Menemukan lapang pandang dengan mengatur penyinaran. Untuk menghasilkan lapang pandang adalah dengan mengatur cermin sambil melihat lensa okuler agar sinar masuk ke diafragma, sehingga menghasilkan pemantulan yang optimal. Bagian yang terang berbentuk bulat dinamakan lapang pandang.
  2. Mengatur fokus mikroskop atau bayangan dengan perbesaran lemah. Letakkan preparat di atas meja preparat, dijepit dengan penjepit sambil mengamati mikroskop dari samping tabung mikroskop diturunkan dengan pemutar kasar, lakukan secara hati-hati hingga lensa objektif tidak menyentuh preparat. Kemudian lihatlah melalui lensa okuler dan dengan perlahan-lahan naikkanlah tabung mikroskop sehingga objek terlihat jelas. Setelah objek tampak, putarlah pemutar halus ke depan atau ke belakang sehingga mendapatkan bayangan sebaik-baiknya. Perbesaran mikroskop diperoleh dengan cara mengalikan angka pada lensa objektif dengan angka yang tertera pada lensa okuler. Misalnya 5x lensa objektif 10x lensa okuler maka perbesarannya 50x.
  3. Mengatur fokus mikroskop (bayangan dengan perbesaran kuat). Untuk memperoleh bayangan, dapat dilakukan dengan mengubah lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dengan yang lebih kuat. Misalnya lensa objektif perbesaran 5x dapat diganti dengan 10x atau 40x dengan memutar revolver sampai terdengar suara terdetak. Pemutar halus diputar ke depan atau ke belakang agar diperoleh objek yang lebih jelas.
  4. Mengatur Mikroskop dengan posisi disimpan. Setelah mikroskop selesai digunakan, aturlah mikroskop dengan posisi siap disimpan dengan cara sebagai berikut :

  • Tabung mikroskop dinaikkan.
  • Preparat diambil.
  • Lensa objektif terlemah diturunkan serendah-rendahnya diputar persis sampai lubang meja mikroskop.
  • Diafragma ditutup kembali.
  • Kondensor diturunkan dan cermin dalam posisi tegak.
  • Angkat mikroskop dengan hati-hati tangan kanan memegang lengan mikrokop dan topang kaki mikroskop dengan tangan kiri kemudian masukkan ke tempatnya dan dikunci.

Cara membuat preparat:
  1. Membuat preparat tanpa penyayatan. Untuk membuat preparat basah tanpa penyayatan, misalnya pada waktu pengamatan mikroorganisme yang ada dalam air. Caranya: air yang akan diamati, diambil dengan pipet tetes dan tempatkan pada kaca obyektif dan tutup dengan kaca penutup, amati dengan mikroskop.
  2. Membuat preparat dengan penyayatan. Membuat preparat pada organ tubuh organisme, misalnya penampang daun, batang, akar, otot dan lain-lain. Caranya: menyayat organ setipis mungkin, untuk membuat sayatan yang baik dan tipis dengan alat yang disebut mikrotom, tetapi bila tidak mempunyai mikrotom dapat dengan menggunakan silet yang tajam.



0 komentar:

Poskan Komentar

Search

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts